Syarat Masuk Pendaftaran 11 Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan

Pengumumanhasil.com – Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan terdiri dari 11 lembaga pendidikan yang bergerak pada pendidikan kedinasan perhubungan laut, udara hingga pada darat yaitu perkretaapian.

Pengumuman Sekolah Kedinasan pendidikan seleksi Calon Taruna (CATAR) kemenhub diumumkan pada bulan april untuk 11 lembaga pendidikan yaitu

Formasi Sekolah Kedinasan Kementerain Perhubungan

Dinas Perhubungan Jalur Darat

Sekolah Tinggi Transportasi Darat(STTD),

Untuk STTD terdapat lima program studi yang dibuka, yaitu D-IV Transdar (Transportasi Darat), D-III LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan), D-III Perkeretaapian, D-III LLASDP (Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan), dan D.II PKB (Pengujian Kendaraan Bermotor).

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (Tegal),

Sementara Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal membuka program studi, yakni D-IV MKTJ (Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan), D-IV TKO (Teknik Keselamatan Otomotif), dan D-III PKB (Pengujian Kendaraan Bermotor).

Akademi Perkeretaapian Indonesia (Madiun).

Sedangkan Akademi Perkertaapian Indonesia (API) Madiun membuka empat program studi yaitu D-III TBJP (Teknik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian), D-III TEP (Teknik Elektronika Perkeretaapian), D-III MTP (Manajemen Transportasi Perkeretaapian),dan D-III TMP (Teknik Mekanika Perkeretaapian).

Dinas Perhubungan Jalur Laut

Selain itu, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Politeknik Ilmu Pelayaran (Makassar), Politeknik Ilmu Pelayaran (Surabaya), Politeknik Ilmu Pelayaran (Semarang), Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, serta Politeknik Penerbangan Surabaya. Ditambah dengan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan, serta Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Makassar.

Untuk Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) terdapat 3 program studi, seperti D-IV Nautika, D-IV Teknika, dan D-IV KALK (Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan).

Sementara untuk Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang terdapat tiga program studi, yaitu D-IV Nautika, D-IV Teknika, dan D-lV KALK (Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan).

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar membuka tiga program studi, seperti D-IV Nautika, D-IV Teknika, dan D-IV KALK (Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan).

Politeknik Pelayaran Surabaya membuka tiga program studi, yaitu D-III Nautika, D-III Teknika, dan D-III Elektro Pelayaran. Untuk Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia membuka delapan program studi, seperti D-IV Penerbang, D-IV TNU (Teknik Telekomunikasi & Navigasi Udara), D-IV TLB (Teknik Listrik Bandara), serta D-IV LLU (Lalu Lintas Udara).

Ditambah, D-III TMB (Teknik Mekanikal Bandara), D-III PKP (Pertolongan Kecelakaan Pesawat), D-III TBL (Teknik Bangunan dan Landasan), dan D-III OBU (Operasi Bandar Udara).

Dinas Perhubungan Jalur Udara

Adapun Politeknik Penerbangan Surabaya membuka tiga Program studi yakni D-III TPU (Teknik Pesawat Udara), D-III TBL (Teknik Bangunan dan Landasan), dan D-III MTU (Manajemen Transportasi Udara).

Sementara itu Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar membuka 2 program studi seperti D-III TLB (Teknik Listrik Bandara), dan D-III LLU (Lalu Lintas Udara).

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP)Medan hanya membuka satu jurusan yaitu D-III TNU (Teknik Telekomunikasi & Navigasi Udara).

Syarat Pendaftaran Kementerian Perhubungan

Syarat pendaftar untuk kategori kementerian perhubungan dengan usia maksimal kurang dari 23 tahun dan lebih dari 16 tahun.

Pendaftar memiliki nilai ujian dengan rata-rata kurang dari 7 dengan skala penilai 1-10

Kriteria tinggi badan minimal untuk pria 160 cm sedangkan untuk tinggi badan wanita minimal 155 cm.

Tata Cara Pendaftaran Kementerian Perhubungan

Pendaftaran calon taruna bisa melakukan pendaftaran melalui satu portal di sistem seleksi ASN (SSASN) yang tertaut ke SSCNDikdikn untuk pelamar calon taruna taruni pendidikan catar.

Para pelamar diwajibkan membuat akun SSASN BKN go id untuk membuat akun tersebut dibutukan nomor NIK dan password yang anda buat sendiri dan setelahnya mencetak kartu informasi pendaftaran

Setelah itu lanjut login ke sscndikdin,bkn.go.id dengan menggunakan username yang berupa nomer NIK dan password yang telah dibuat, dan lanjut mengunggah swafoto kemudian harus mempersiapkan beberapa dokument untuk diunggah ke portal seperti softcopy dokument akte kelahiran, pas foto yang berukuran 4×6 dengan latar belakang merah, KTP dan KK, ijazah SMA dan surat keterangan sebagai peserta ujian dari kepala seklah, surat keterangan belum pernah menikah yang diunduh dan diberi materai 6000 ribu yang diupload dalam bentuk pdf sesuai dengan batas akhir pengunggahan. Dan mengisi seluruh formulir biodata diri

Setelah itu cek resume apakah sudah benar dokumentnya dan kemudian mereka harus melakukan pengiriman dan wajib untuk mencetak kartu pendaftaran dokument.

Setelah mereka dinyatakan lulus verifikasi oleh panitian mereka akan diberikan kode biling untuk pembayaran sesuai dengan lembaga yang dipilihnya dan minimal mereka hanya dapat memilih satu sekolah kedinasan.

Setelah mereka melakukan pembayaran yang telah dikonfirmasi oleh sistem barulah mereka akan mendapatkan kartu ujian seleksi, dan wajib untuk mengikuti proses seleksi sesuai dengan instansi yang dipilih.

Pengumuman seleksi akan diumumkan sesuai dengan tes ujian dan akan juga bisa anda dapatkan di portal sistem seleksi ataupun website resmi sekolah kedinasan yang anda daftarkan.

Semoga dengan sedikit informasi ini bisa menambah wawasan anda terkait dengan pendaftaran sekolah kedinasan yang akan dibuka sebentar lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *